GALERI TAS

Reseller

 

 Pabrik Tas di Medan

Di tengah pesatnya laju pertumbuhan industri di kota Medan, pabrik tas juga bermunculan layaknya jamur di musim hujan. Banyaknya investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya guna mendirikan pabrik tas di Medan, disebabkan oleh banyak hal. Pertama, stabilitas keamanan membuat para investor merasa aman dalam menjalankan bisnis mereka, kedua, ketersediaan bahan baku yang melimpah, dan ketiga ongkos tenaga kerja yang relative murah.

Kondisi yang cukup ideal untuk menggerakkan roda industri khususnya pabrik tas di Medan tersebut, didukung dengan meningkatnya daya beli masyarakat sekaligus meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk tas. Apalagi saat ini tas tidak hanya dipandang dari sudut fungsinya saja, tapi juga dari sisi mode dan juga prestise, membuat premintaan pasar akan produk-produk tas dari hari ke hari senantiasa mengalami peningkatan. Hal inilah yang mengundang daya tarik investor untuk mendirikan pabrik tas di Medan.

Dengan banyak bermunculannya pabrik tas di Medan, dampak positif yang ditimbulkan diantaranya adalah: mendorong laju pertumbuhan ekonomi di kota ini, meningkatkan pendapatan asli daerah, mengurangi angka pengangguran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Medan, serta membuat masyarakat memiliki banyak pilihan akan produk tas dengan harga yang relative terjangkau, karena persaingan antar pabrik tas di Medan juga memicu terjadinya kompetisi, baik dari sisi kualitas, model, maupun harga.

Selain dampak positif, dampak negatif dari banyaknya pabrik tas di Medan juga ikut menyertai. Beberapa diantaranya adalah: munculnya persoalan lingkungan hidup disebabkan masih banyaknya pabrik tas di Medan yang kurang perduli terhadap lingkungan dengan tidak memiliki fasilitas pengolah limbah. Dampak negatif kedua, terjadinya persaingan yang tidak sehat antar pabrik tas di Medan, yang pada akhirnya  akan mengorbankan kualitas barang untuk dapat menekan harga semurah mungkin, atau mengurangi ongkos tenaga kerja agar dapat menjual barang dengan harga murah.

Campur Tangan Pemerintah

Dengan munculnya dampak negatif dari banyaknya pabrik tas di Medan, pemerintah  seharusnya tidak tinggal diam, karena keberadaan pabrik tas di Medan dampaknya bukan hanya pada dunia industri saja, tapi juga pada sektor-sektor yang lain. Untuk meminimalisir dampak negatif tersebut  beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah diantaranya:

1
Tanyakan pada diri Anda : Apa nilai-nilai dari merek anda ? Mengeluarkan peraturan baru melalui Perda terkait standarisasi pabrik tas di Medan, baik standarisasi permodalan maupun standarisasi kompetensi investor terhadap industri tas. Hal ini penting untuk membatasi masuknya investor yang tidak memenuhi kualifikasi dan hanya akan menciptakan iklim persaingan yang tidak sehat.
2
Pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup juga harus tegas dalam mengimplementasi aturan yang ada, serta memberi sanksi tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak memperhatikan amdal serta tidak memiliki fasilitas pengolah limbah. Bila perlu mencabut ijin kerja perusahaan yang bersangkutan jika keberadaan pabrik dari perusahaan tersebut terbukti memberi dampak buruk terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.
3
Regulasi baru juga harus memikirkan keberadaan karyawan atau buruh. Dengan kata lain harus ada standarisasi upah buruh, sehingga perusahaan tidak semena-mena dalam memberikan upah atau gaji terhadap karyawa/buruh. Persoalan gaji tersebut pada saat ini memang belum memicu gejolak di kalangan buruh, meski upah yang mereka terima di beberapa perusahaan tidak sesuai dengan standar kelayakan. Tetapi bila hal tersebut tidak segera ditangani, suatu ketika nanti akan meledak dan menjadi persoalan yang sangat serius.
4
Pemerintah juga harus membantu mengakomodasi perusahaan dalam memasarkan produk-produknya ke luar kota Medan, bila perlu keluar propinsi, atau bahkan ke luar negeri. Karena jika banyaknya pabrik tas di Medan tersebut tidak dibarengi dengan upaya ekspansi pasar, maka yang terjadi adalah munculnya ketidakseimbangan pangsa pasar. Di satu sisi jumlah pabrik tas di Medan semakin bertambah yang otomatis juga akan meledakkan jumlah barang yang digelontorkan ke pasar, tapi di sisi lain jumlah konsumen tidak mengalami peningkatan. Hal inilah yang memunculkan terjadinya kompetisi tidak sehat yang berdampak pada menurunnya kualitas barang serta pemberian gaji buruh yang semena-mena.
Merebaknya pabrik tas di Medan memang seharusnya kita sikapi dengan bijak dan dievaluasi dari berbagai sudut pandang. Sehingga ke depan, dampak positif yang telah kita nikmati bersama selama ini dapat lebih ditingkatkan, sementara dampak negatifnya dapat kita tekan seminim mungkin. Jika hal tersebut dapat dilakukan, bukan tidak mungkin pabrik tas di Medan ini dapat menjadi pionir di bidang industri. (*)

 

 

 

tas kulit asli

Masih segar dalam ingatan kita mengenai beberapa artis yang membeli tas kulit asli dengan harga yang sangat mahal hingga menimbulkan

...

tas_wanita_grosir

 

    Bagi kamu para wanita yang sedang mencari sebuah tas dengan harga murah, tas wanita grosir murah yang satu ini mungkin saja akan s

...

Tas Kanvas Polos Murah

Tas kanvas polos murah kini sering kita jumpai diberbagai toko tas yang ada di Pusat perbelanjaan. Tas kanvas merupakan salah

...

 Tas Sekolah Adidas

Tas sekolah Adidas sekarang bisa anda pilih sebagai alternatif pilihan tas yang bisa anda gunakan untuk bersekolah. Adidas seperti yang tela

...

Pabrik Tas Lokal

Di tengah semakin majunya perkembangan sebuah zaman seperti yang sedang terjadi sekarang ini, tidak menjadikan pabrik tas lokal menjadi kalah

...

Tas Sport Wanita

Tas sport wanita atau tas olah raga kini semakin banyak kita jumpai diberbagai toko olah raga. Olah raga memang merupakan

...